Banner Besar

Pentingnya Membaca Bagi Generasi Masa Depan

Saat ini, minat membaca dikalangan masyarakat khususnya di kaula muda kian menurun. Beberapa faktor yang mempengaruhi minat membaca mungkin didasari oleh rasa bosan , terlalu sibuk, cenderung lebih tertarik untuk mendengar ketimbang membaca, bahkan mungkin karena jenis bacaan yang terlalu membosankan. Padahal, banyak hal yang kita dapatkan melalui membaca, bahkan banyak artikel maupun jurnal menarik jika kita telusuri satu persatu secara mendalam.
Mungkin sebagian dari para pengunjung merasa tulisan ini membosankan dan ingin bertanya seperti ini “Bang KataPintar, apasih enaknya membaca? Toh saat ini kita bisa liat youtube, mendengarkan lebih baik daripada membaca, menghemat waktu lagi bisa sambil ngelakuin sesuatu, coba abang jelaskan deh”. Waduh, pertanyaan seperti itu mah jawabannya sederhana, banyak faedahnya membaca ketimbang mudaratnya, hehe. Karena pertanyaan sobat katapintar itulah, saya tertarik untuk menulis artikel ini yang bertajuk “Pentingnya Membaca Bagi Generasi Masa Depan”.

Apa Itu Membaca?
Membaca merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui maksud maupun makna yang terkandung dalam suatu tulisan seperti buku, jurnal, artikel dan sebagainya. Kata “membaca” tentunya tidak terlepas kaitannya dengan buku. Mengapa? Karena buku merupakan sebuah kumpulan kata yang menjadi tulisan, tulisan yang dirangkai dan disatukan menjadi padu, yaitu buku itu sendiri. Pepatah lama mengatakan "buku adalah jendela dunia". Dengan buku, kita dapat menambah wawasan kita tentang berbagai macam ilmu. Macam - macam buku yang tersedia yaitu buku pengetahuan, buku kamus, buku novel, buku pembelajaran dan lain sebagainya. Semakin banyak buku yang kita baca dan kita pelajari, maka semakin luas wawasan serta ilmu yang kita miliki. Dengan membaca, kita dapat menambah ilmu pengetahuan kita, sehingga kita sadar, ilmu yang kita miliki ternyata hanya sepersekian persen dari keseluruhan ilmu yang ada di dunia ini.

Jika pepatah lama mengatakan buku adalah jendela dunia, maka saya orang yang berkata bahwa "Internet merupakan pintu dunia, jika bisa lewat pintu, kenapa harus lewat jendela?" . Mengapa demikian? Karena internet memberikan kemudahan dalam melakukan apapun, khususnya untuk memperoleh informasi baik pengetahuan maupun non-pengetahuan.

Definisi Membaca Menurut Para Ahli
Tadi saya udah ngejelasin secara pendapat saya pribadi, biar gak ada yang keliru, berikut ini definisi membaca menurut para ahli dari berbagai sumber yaitu;

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan maupun hanya dalam hati).
2. Lado (1976: 132), membaca adalah memahami pola-pola bahasa dari gambaran tertulisnya.
3. Gorys Keraf (1996: 24), membaca adalah suatu proses yang kompleks meliputi kegiatan yang bersifat fisik dan mental. Membaca juga dapat diartikan sebagai proses pemberian makna simbol-simbol visual.
4. Fredick Mc Donald (dalam Burns, 1996: 8), membaca adalah merupakan rangkaian yang respon 5. yang kompleks, di antaranya mencakup respon kognitif, sikap dan manipulatif. Membaca tersebut dapat dibagi menjadi beberapa sub keterampilan, yang meliputi sensori, persepsi, sekuensi, pengalaman, berpikir, belajar, asosiasi, afektif, dan konstruktif. Menurutnya, aktivitas membaca dapat terjadi jika beberapa sub keterampilan tersebut dilakukan secara bersam-sama dalam suatu keseluruhan yang terpadu.
6. Kolker (1983: 3), membaca adalah suatu proses komunikasi antara pembaca dan penulis dengan bahasa tulis. Hakikat membaca ini menurutnya ada tiga hal, yakni afektif, kognitif, dan bahasa. Perilaku afektif mengacu pada perasaan, perilaku kognitif mengacu pada pemikiran, dan perilaku bahasa mengacu pada bahasa anak.
7. Tampubolon (1987: 6), mengatakan karena bahasa tulisan mengandung ide-ide atau pikiran-pikiran, maka dalam memahami bahasa tulisan dengan membaca, proses-proses kognitif (penalaran), terutama yang bekerja. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa membaca adalah cara untuk membina daya nalar.
8. Smith (Ginting, 2005), membaca merupakan suatu proses membangun pemahaman sari teks yang tertulis.
9. Juel (Sandjaja, 2005), membaca adalah proses untuk mengenal kata dan memadukan arti kata dalam kalimat dan struktur bacaan. Sehingga hasil akhir dari proses membaca adalah seseorang mampu membuat intisari dari bacaan.
10. Nurhadi (1987: 13-14), membaca adalah proses pengucapan lisan untuk mendapatkan isi yang terkandung di dalamnya. Sedangkan rumit dimaksudkan faktor di atas sering bertautan dan berhubungan, membentuk semacam koordinasi yang rumit untuk menunjang pemahan terhadap bacaan.
11. Soedarso (1996: 4), membaca adalah tidak hanya sekedar membunyikan lambang-lambang bunyi bahasa yang tertulis. Membaca adalah aktivitas yang kompleks yang mengarahkan sejumlah besar tindakan yang berbeda-beda.
12. Syafi'i (1999: 7), membaca adalah suatu proses yang bersifat fisik atau yang disebut proses mekanis,beberapa psikologis yang berupa kegiatan berpikir dalam mengolah informasi.
13. Farris (1993: 304), membaca adalah pemrosesan kata-kata, konsep, informasi, dan gagasan-gagasan yang dikemukakan oleh pengarang yang berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman awal pembaca. Dengan demikian, pemahaman diperoleh bila pembaca mempunyai pengetahuan atau  pengalaman yang telah dimiliki sebelumya dengan apa yang terdapat dalam bacaan.

Dapat disimpulkan bahwa membaca merupakan suatu kegiatan untuk memahami dan memetik makna dari suatu bacaan atau tulisan untuk memahami maksud dari gagasan, ide, konsep dari bacaan tersebut.

Manfaat Membaca
Jika tadi definisi membaca udah dijelaskan dan dikemukakan oleh para sepuh yang deluan membaca buku, kali ini abang akan nulis manfaat membaca, adapun manfaat membaca yaitu;

1. Menambah Kosakata
Dengan membaca, kita dapat menemukan berbagai macam jenis kata yang tidak kita ketahui serta kita dapat menemukan bermacam – macam jenis ungkapan yang kreatif seperti majas dan sebagainya.
2. Meningkatkan Konsentrasi
Umumnya, orang yang suka dan rajin membaca akan lebih mudah berkonstenstrasi dan fokus. Jika kita telah fokus, umumnya kita akan lebih memahami maksud dan makna yang terkandung dari tulisan yang kita baca. Selain itu, jika tingkat konsentrasi kita semakin tinggi, maka semakin baik pula kita dalam hal pengambilan keputusan.
3. Meningkatkan Minat Terhadap Suatu Bidang
Manusia memiliki berbagai macam minat dalam hal yang dikerjakannya. Umumnya, manusia akan senang mempelajari apa yang disenanginya, jika seseorang hobi membaca buku novel, maka otomatis minatnya dalam menjadi novelis pasti ada dan dia akan mempelajarinya lagi secara mendalam, mungkin dengan cara membaca lebih banyak novel agar dia lebih memahami apa yang tidak diketahuinya.
4. Mengetahui Hal -  Hal yang Aktual
Dengan membaca, seseorang akan mengetahui hal – hal yang bersifat aktual atau terpercaya tanpa harus terjun langsung ke lokasi, sehingga masyarakat dapat terhindar dari berita hoaks yang saat ini banyak terjadi di negara tercinta kita. Umumnya, hal – hal aktual dapat dibaca melalui berita seperti koran, majalah, website berbasis berita dan sebagainya.
5. Melatih Otak
Keuntungan lain yang didapat dari membaca yaitu melatih otak. Terbukti bahwa membaca dapat menjaga otak agar terus dapat bekerja secara baik. Mengapa? Saat kita membaca, otak dituntut untuk terus berpikir sehingga dapat meningkatkan kinerja otak. Semakin rutin kita membaca, maka semakin baik kerja otak kita.
6. Meringankan Stress
Stress merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, karena dapat menyebabkan depresi yang berkelanjutan. Membaca buku membantu kita untuk mencegah stress, khususnya membaca buku yang menarik seperti novel, komik atau sesuatu yang dapat menyenangkan hati.
7. Menghindari Resiko Terkena Penyakit
Salah satu penyakit yang dapat dicegah melalui membaca adalah penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah penyakit otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap. Mengapa membaca dapat mencegahnya? Karena membaca cenderung kita membuat untuk terus berpikir serta menambah daya ingat kita.
8. Menghindarkan Dari Sifat Sombong
Sombong merupakan sifat yang dibenci Tuhan, maupun manusia. Manusia yang sombong umumnya akan dijauhi orang karena mereka merasa mereka diatas segalanya. Dengan membaca, kita akan sadar bahwa kita hanyalah setitik air di atas daun talas. Mengapa? Banyak hal didunia ini yang tidak ketahui, dan semuanya dapat kita ketahui membaca. Bill Gates, Mark ZuckerBerg, ataupun orang terkenal lain, gak mungkin bisa sukses tanpa membaca, percayalah sama kalimat ini gaes xD.

Jenis – Jenis Bacaan
Ada beragam jenis bacaan yang kita dapat baca, diantaranya yaitu;

1. Artikel
Artikel merupakan suatu tulisan ringkas yang didalamnya membahas tentang tema sesuai dengan judul artikel tersebut. Artikel terdiri dari dua jenis yaitu, artikel penelitian dan non-penelitian. Biasanya, artikel hanya terfokus pada satu pembahasan. Contoh artikel yaitu tulisan ini.
2. Surat Kabar
Surat kabar merupakan suatu media cetak yang digunakan sebagai sarana penyampaian informasi kepada masyarakat. Surat kabar yang umumnya kita ketemui yaitu koran, majalah, serta berbagai macam website liputan berita dan sebagainya.
3. Buku
Buku merupakan suatu kumpulan tulisan yang dibuat dengan tujuan untuk dipahami maksud dan makna yang terkait dari buku itu sendiri. Macam – macam jenis buku yang dapat kita temui seperti buku pelajaran, buku kitab suci, buku novel, buku komik dan sebagainya.

Sudah mengerti? mengapa kita perlu membaca? mengapa saya mengambil judul dengan tajuk


Keyword :
- alzheimer
- artikel
- baca
- bacaan
- buku
- internet
- membaca
Pentingnya Membaca Bagi Generasi Masa Depan
- website




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pentingnya Membaca Bagi Generasi Masa Depan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel